Kenangan Bermalam di GGI PGRI Cianjur

Mahasiswa PBSI S2 Cianjur dari Cianjur Selatan dan luar kabupaten Cianjur sering memanfaatkan GGI PGRI Cianjur untuk menginap

Gedung Guru Indonesia (GGI) PGRI Kab. Cianjur  adalah pilihan alternatif bagi kaum guru, siswa maupun mahasiswa yang kemalaman di Cianjur.  Gedung ini berada di jalan Aria Cikondang dapat dicapai oleh angkutan kota. 

Seperti gedung guru lainnya – antara lain PGRI Jabar di Jl. Talagabodas 56-58 Bandung dilengkapi  dengan Wisma Guru -, GGI Cianjur bisa dimanfaatkan bagi keluarga besar guru untuk transit (singgah).

Saat penulis merasakan bermalam di sini, gedung GGI PGRI Cianjur banyak kedatangan tamu  terdiri guru-guru dari Cianjur lainnya,  untuk mengikuti kegiatan di Cianjur, atau mereka transit tujuan penataran dan diklat Bandung atau Jakarta.  Begitupun sejumlah mahasiswa PBSI UNSUR S2  dijumpai  menggunakan tempat ini sebagai tempat bermalam.

GGI PGRI Cianjur terdiri ruang kantor, aula, dan memiliki beberapa kamar, di mana satu kamarnya dapat menampung 6 orang. Sudah tentu antara kamar pria dan wanita dipisahkan.  Bila tidak kebagian kamar, maka aula dijadikan alternatif tempat tetirah secara massal di lantai atas. Tersedia fasilitas parkir kendaraan, di mana bila Anda membawa sepeda motor, tempat parkirnya  berada di dalam gedung  saat di malam hari.  Fasilitas lainnya mushola dan kamar mandi terdapat di beberapa tempat, sehingga tidak perlu antri panjang.

GGI PGRI Cianjur, alternatif bagi keluarga besar guru yang kemalaman di kota Cianjur

Untuk keperluan minum, tidak perlu risau, pihak GGI telah menyediakan dispenser dan teko air teh hangat secara gratis.  Tetapi bagi Anda memerlukan mie rebus, kopi susu, atau nasi goreng, Anda harus membayarnya dan bisa memesannya di kantin GGI.

Demi kenyamanan dan keamanan, sebelum ke kampus UNSUR, pastikan Anda telah mendapat jatah kamar dengan singgah di GGI untuk menyimpan logistik (pakaian atau natura), sehingga ketika pulang kuliah sore hari, bisa istirahat lebih tenang. Ini lebih baik  daripada datang secara mendadak. Lebih baik lagi kamar diisi secara optimal (pas) bersama kawan-kawan, selain bisa berdiskusi juga bisa mengerjakan tugas bersama.

Bagi Anda membawa laptop atau barang berharga lainnya, disarankan agar Anda  berhati-hati. Hal itu terjadi, kadang-kadang GGI ramai dikunjungi oleh tamu, sehingga sulit diawasi.  Selain itu, GGI dikunjungi pula oleh masyarakat lain seperti tukang jamu, tukang pijat, penjaja makanan, dan lain-lain mencoba mengais rezeki dari tamu ini. Kehadiran mereka di GGI  saling membutuhkan.

Bagi Anda yang memiliki anggaran lebih dan berhasrat tetirah lebih leluasa, ada sejumlah hotel  di Cianjur mulai dari Rp. 50.000 (tarif mahasiswa) semalam hingga ratusan ribu. Ke depan, lembaga PBSI S2 UNSUR berencana untuk membangun mess untuk mahasiswa S2, sebagai tempat persinggahan bagi mahasiswa dan dosen yang berasal dari daerah lain yang tidak memungkinkan di-”dugdag” (pulang-pergi) ke Kampus UNSUR.

Mengenai tarif GGI, sebenarnya tak ada pungutan resmi, hanya untuk membantu memelihara kebersihan minimal Rp. 10.000,00 semalam, kalo lebih juga boleh. Murah meriah, bukan?  Mandi, nonton TV atau suguhan teh hangat didapat. Mudah-mudahan, informasi ini melegakan bagi calon mahasiswa berminat studi di UNSUR Cianjur. ** (dewa)

This entry was posted in Pesona Cianjur and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Kenangan Bermalam di GGI PGRI Cianjur

  1. anton says:

    Ya… Alhamdulillah… jika demikian, berarti cianjur sebagai kota pelajar, telah membuktikan bahwa sarana prasarana tercukupi sebagai alat penunjang pembangunan masyarakat yang akhlatul kharimah, berbasis kebersamaan dan solideritas. mari kita jaga dan pelihara bersama untuk kepentingan dan manfaat bersama. saya sebagao warga asli cianjur bangga, jangan hanya korupsi yang dibesar besarkan, dan semoga hal ini juga akan membekali para guru dan pendidik untuk lebih menghargai mutu pendidikan, dengan biaya murah ini tentunya tidak akan ada lagi Oknum Guru yang mengandalkan Pemungutan biaya extra dari para orang tua murid demi untuk kepentingan dan memperkaya diri sendiri, atau alasan klisa untuk mengganti biaya kuliah yang mahal… Hidup CIANJURRRRRRR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>