Pantai Jayanti, Wisata Laut Sebenarnya di Cianjur

Seorang pengunjung di Pantai Maleber, Cikalongkulon, Cianjur

Warga di Cianjur kota, bila menyebut pantai maka sering tertuju pada Pantai Maleber di Cikalongkulon atau Pantai Jangari di Ciranjang.

Padahal merujuk pada makna pantai secara leksikal yakni garis pertemuan daratan dan lautan, maka kedua daerah di atas tidaklah termasuk pantai sebenarnya, karena Maleber dan Jangari hanyalah daerah di tepi sebuah waduk buatan yang dibuat dengan cara membendung aliran  Sungai Citarum di daerah Cikalongkulon dan sekitarnya.

Pantai  sebenarnya dimiliki oleh Kabupaten Cianjur berada di sebelah selatan kabupaten dikenal dengan sentra hayam pelung dan berasnya ini yakni sepanjang perbatasan antara daratan di pakidulan dari Kabupaten Sukabumi di sebelah Barat  dan Kabupaten Garut di sebelah timur dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Setidaknya ada 3 kecamatan berbatasan dengan Samudra Hindia, yakni Agrabinta, Sindangbarang,  dan Cidaun.  Pelabuhan Jayanti berada 6 km dari kantor kecamatan Cidaun.  Bila di Sindangbarang tidak dijumpai perahu, di Jayantilah perahu-perahu nelayan banyak dijumpai di sentra ikan layur ini.  Ikan layur menjadi ikon pelabuhan Jayanti. Ikan pipih panjang ini banyak ditangkap dengan cari dikail mapun dijaring.  Untuk memancing ikan layur, nelayan membuat seutas tali dipenuhi mata kail berikut umpannya.  Satu kali angkat, lima atau sepuluh ikan layur dapat diperoleh dalam sekali angkat.

Pantai Jayanti (Sumber: http://cianjurtiger.goodforum.net)

Pantai Jayanti memiliki panorama alam yang indah. Laut lepas  Samudra Hindia yang dikenal ombaknya yang tinggi tampak eksotis berbatasan dengan kaki langit.  Pantai Jayanti dengan alam masih alami memiliki pasir putih terpelihara dan berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang.  

pelabuan Jayanti di saat tidak ada aktivitas (sore hari)seorang pengunjung di Pantai Jayanti, Cidaun

Bagi Anda petualang, Pantai  Jayanti Cidaun bisa dicapai dari Kota Cianjur melalui Sindangbarang dan menuju Cidaun.  Sementara dari jalur Bandung bisa diakses melalui Ciwidey-Naringgul dan Cidaun. Atau dari jalur Batujajar-Gununghalu-Sukanagara-Sindangbarang.  Dari arah timur jalan mulus tanpa hambatan bisa ditempuh dari Garut-Pameungpeuk-Rancabuaya-Jayanti. Atau Pangalengan-Cisewu-Rancabuaya. Di sini Anda bisa membeli ikan segar diperoleh para nelayan melaut.

Pemda Cianjur telah mendirikan Tempat Pelelangan Ikan dan dermaga, sebagai bagian pembangunan di pelosok kabupaten ini. Seiring dengan membaiknya jalur lintas selatan jawa barat, ke depan diharapkan, Jayanti semakin ramai  dan menjadi pusat perekonomian di belahan selatan ini.

Berkunjung ke Pantai Jayanti, wisata ke pantai sebenarnya di Kabupaten Cianjur. Rasakan atmosfer petualangannya. [dewa]

  

 

This entry was posted in Pesona Cianjur and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Pantai Jayanti, Wisata Laut Sebenarnya di Cianjur

  1. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I have really enjoyed browsing26 your blog posts. In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!…
    HTTP://www.KneeNeckBackPain.com/

  2. didi sunandi says:

    tunggu akuuuuu…

  3. sawarna says:

    sawarna tempat yang bagus, ditunggu kehadirannya ya

  4. Pantai Jayanti pantai yang potensial, waktu kami berkunjung ke sana keadaannya masih alamai, namun sayang pantai-pantai disekitarnya di kawasan pantai selatan mengalami kerusakan parah akibat penambangan pasir besi, sangat di sayangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>