Menanti Sunset di Dewi Kwan Inn, Kec. Simpenan, Sukabumi

Senja baru saja tiba. Beberapa pengunjung beradu cepat dengan waktu. Mendaki tahapan 400 anak tangga.  Mereka takut kehilangan momentum.  Momentum menikmati sunset di atas ketinggian.

Sebuah pemandangan elok yang bisa dinikmati.  Menyaksikan peristiwa matahari perlahan hilang tenggelam dengan cakrawala berupa laut di atas ketinggian adalah  sesuatu menakjubkan.

ya kami, selepas mengantar 38 mahasiswa s-2 studi lapangan di Cisolok kami singgah di Kompleks Peribadatan Dewi Kwan Inn.  Kami menggunakan 3 mobil menyusuri pantai Cipunaga yang asri.  Menurut Bapak H. Iyep, “Tugas kami mengantar Bapak dan Ibu-ibu ke komplek Dewi Kwan Inn tuntas sudah. Tidak ada rasa kepenasaran lagi, bukan? ….”.

Alasan di atas dipicu, setahun lalu, kami mencari arah kompleks ini. Namun waktu  telah cukup larut malam, membuat kami mengurungkan niat tersebut.

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa, namanya atau lebih dikenal dengan nama Kuil Dewi Kwan Im atau Vihara Loji.   Vihara ini terletak di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Sukabumi. Keunikan vihara ini adalah lokasinya yang berada di perbukitan serta langsung menghadap ke laut.

Konon riwayatnya, Vihara Dewi Kwan Inn dibangun oleh Anothai Kamonwathin (“Mama Airin”), etnis Thailand yang  telah menjadi Warga Negara Indonesia. Mama Airin merupakan satu-satunya penggagas pembangunan vihara ini hingga didirikan pada tanggal 8 Agustus 2000.

Menurut penduduk setempat, mama Airin bermimpi bahwa di lokasi vihara  ini, 600 tahun silam, vihara ini telah ada.  Tetapi menjadi hilang karena termakan waktu. Itulah sebabnya ia berinisiatif untuk kembali membangun vihara ini. (dewa)

 

This entry was posted in Pesona Cianjur and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>