Merasakan Semburan Geyser Cisolok, Sukabumi

Berlatar belakang Geyser Cisolok Sukabumi

Dari catatan wikipedia, Yellowstone National Park adalah taman nasional di Amerika Serikat, tepatnya  berada di negara bagian Wyoming, Montana, dan Idaho. Luasnya meliputi 3.468 mil² (8.983 km²). Yellowstone National Park merupakan taman nasional tertua di dunia, didirikan pada tanggal 1 Maret 1872. Selain dihuni margasatwa,  Yellowstone National Park dikenal dengan semburan air panasnya yang dikenal dengan geyser.  Geyser terkenal di dunia, Old Faithful Geyser, ada di sini.  

Anda tidak perlu berkecil hati tidak bisa menyaksikan geyser tersebut langsung  di negeri Paman Sam.  Sebagai negara   dilalui banyak gunung berapi, Indonesia  kaya  sumber air panas.  Akan tetapi, sumber air panas yang memancar tak pernah surut tidaklah banyak.  Cisolok salah satunya daerah yang memiliki fenomena alam menakjubkan ini. 

Anda bakal merasakan siraman geyser di Cipanas, Cisolok (20 km dari kota Palabuhanratu, Sukabumi). Lokasinya sekitar 5 km dari jalan raya Palabuanratu-Bayah dengan mengambil arah kanan dari pantai Karanghawu Cisolok atau arah kanan di Pasar Cisolok (dari arah Palabuhanratu). Tetapi harus hati-hati, posisi Anda jangan terlalu dekat, kulit Anda bisa  melepuh.  Pengunjung suka mencobanya dengan telur ayam ras dan tak lama telur pun matang. 

Sumber air panas menyembur ini berada di anak sungai Beser, Cisolok.  Di anak sungai ini setidaknya ada  7 titik fenomena alam semburan air mancur  ini.  Penulis tiba di lokasi pukul 05.45 WIB, sepulang mendampingi kegiatan mahasiswa di daerah Cikahuripan, Cisolok (klik link di sini). 

Kondisi pun masih temaram, Kabut masih membungkus areal dipenuhi pepohonan lebat tsb.   Mobil kami pertama kali tiba, dan petugas jaga  pun  belum ada.  Kami langsung bergegas ke areal air mancur sekitar 100 meter dari lokasi parkir. 

Di jembatan gantung sungai Beser, Cisolok

Areal air mancur ini dicapai dengan melewati jembatan gantung sungai Beser, di mana batu-batu besar teronggok sebagai ciri khas sungai di pegunungan.  Air mancur bercampur uap panas menyembur laksana kabut putih semakin menggoda untuk didekati.  Karena masih pagi, belum banyak pengunjung yang hadir sehingga kami amat leluasa mendekati titik semburan.

Proses air mancur alami ini sebenarnya berasal dari hujan meresap ke dalam tanah dan bebatuan.  Di dalam kantong air, air ini dipanaskan oleh magma.  Dalam perjalanannya,  aliran air melarutkan berbagai mineral dan dihangatkan oleh  magma. Pada saat menemui celah, maka air pun menyembur. 

Sumber mineral ini dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.  Anda bisa melakukan terapi air hangat di sini.  Di lokasi ini terdapat  dua buah kolam renang air panas yang sudah distabilkan suhunya hingga di bawah 40 derajat Celcius. Ada juga kamar terapi untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik, asam urat,  hingga stroke.  Tubuh pengunjung dari kepala hingga kaki dimanjakan petugas dengan semprotan  air panas.

Geyser dan Gletser

Geyser dari catatan blog http://ibenkztrilogy.blogspot.com adalah sejenis mata air panas yang menyembur secara periodik (mengeluarkan air panas dan uap air ke udara) atau dapat disebut juga aliran air hangat yang menyembur ke permukaan tanah. Nama geyser berasal dari kata Geyser di Haukadalur, Islandia. Kata itu kemudian menjadi kata kerja bahasa Islandia gjósa, “menyembur”.

Geyser terkenal di dunia, Old Faithful Geyser, AS

Pembentukan geyser bergantung kepada keadaan hidrogeologi tertentu. Oleh karena itu hanya terdapat di beberapa tempat di Bumi dan karena itu geyser adalah fenomena yang jarang ditemui. Dari 1000 ada di seluruh dunia, sekitar setengahnya di Yellowstone National Park, Amerika Serikat.  Aktivitas semburan geyser dapat berhenti karena pengendapan mineral di dalam geyser, gempa bumi, dan campur tangan manusia.

Adapun gletser atau glasier atau glesyer merupakan sebuah bongkahan es yang besar yang terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akumulasi endapan salju yang membatu selama kurun waktu yang lama. Bongkahan es ini dapat berupa wilayah daratan yang sangat luas. Saat ini, es abadi menutupi sekitar 10% daratan yang ada di bumi. 

Pegunungan Jayawijaya yang terdapat di Provinsi Papua  merupakan salah satu contoh pegunungan tinggi yang memiliki banyak gletser dan uniknya berada di wilayah khatulistiwa.  Gletser ini dapat meleleh oleh panas matahari dan mengalir mengisi debit aliran sungai di bawahnya.  Oleh karena itu, gletser merupakan sumber air bagi sungai, di samping air hujan.  Keduanya mengikuti aliran sungai  dibawa ke laut. ****  (dewa)

 

This entry was posted in Pesona Cianjur and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Merasakan Semburan Geyser Cisolok, Sukabumi

  1. boris says:

    Informasi yang sangat bermanfaat, terima kasih :)

  2. Sungguh luar biasa.. penomena alam yang menjadi nilai keindahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>