Purnabakti Dua Staf Administrasi Prodi PBSI S2

Berfoto bersama Ketua Prodi seusai acara

Datang dan pergi adalah hal lumrah dalam kehidupan. Keduanya sama beratnya. Ketika datang ke dalam lingkungan baru, diperlukan adaptasi yang baik.  Begitupula ketika hendak meninggalkan lingkungan telah kondusif adalah sesuatu amat berat.  Apalagi interaksi dan kebersamaan sudah erat tercipta.

Gambaran itu setidaknya mewakili perasaan dua mantan staf administrasi prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) S2 Universitas Suryakancana Cianjur, Endang Jamaludin, SE dan Hani Nuraini  saat acara Pelepasan Staf Administrasi PBSI S2 ke tempat kerja “baru” (sebelumnya) Sabtu, 13 April 2013.  Acara tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester 1, 2, 3, dan sebagian semester 4 dan  alumni yang kebetulan berada di kampus saat itu. Dari unsur pimpinan prodi PBSI S2, hadir Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd, Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd, dan bendahara, Dra. Hj. Yeni Suryani, M.Pd.  Sementara staf pengajar dihadiri oleh Dr. Hj. Iis Ristiani, M.Pd,  Dr. Sri Mulyanti, M.Pd, dan Prof. Dr. H. Didi Suherdi, M.Ed.

Cinderamata bagi Endang Jamaludin diberikan Ketua Prodi

Acara dibuka oleh sekretaris prodi, yang sesi pertama diisi oleh sambutan Ketua Prodi, Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd. Ketua prodi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada kedua staf yang telah purna-tugas  di prodi S2 atas  dedikasi dan curahan waktu dan tenaga disertai tanggung jawab tinggi, sehingga operasionalisasi prodi dipimpinnya berjalan lancar. Ketua prodi juga memutar ulang memori pendirian prodi PBSI S2 dalam memperoleh  izin/akta pendirian dari Dikti, peran  Endang Jamaludin, SE  terlibat aktif bahkan saksi sejarah pendirian prodi ini. Endang pun turut meletakan pondasi   berkaitan keadministrasian di prodi baru berdiri ini sejak 2005 hingga sekarang 2013.  Penghargaan pun diberikan kepada Hani Nuraini yang telah mengabdi di PBSI S2 UNSUR sejak tahun 2006. Dalam kesempatan ini, Ketua Prodi memperkenalkan staf baru yakni Rizal Barnabas, S.Pd dan Desi Asri Maryani, S.Pd

Pada sesi selanjutnya, Endang Jamaludin mengungkapkan permohonan maafnya kepada unsur pimpinan prodi dan staf pengajar juga seluruh mahasiswa atas kekurangan maupun kekhilafan dalam melayani mahasiswa selama dirinya bekerja di PBSI S2.  Menurutnya, sejak 1 April 2013, ia tidak lagi di S2, tetapi fokus di FKIP.   Namun ia membuka diri untuk tetap berbagi informasi dan komunikasi.

Hani Nuraini selanjutnya berkesempatan mengutarakan sepatah dua patah katanya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan prodi, dosen, dan mahasiswa dan memohon pamit untuk berkonsentrasi di program sarjana (s1).

Kedua mantan staf prodi s2 itu mendapat cinderamata dari pihak lembaga.  Untuk Endang Jamaludin, SE  cinderamata diberikan oleh Ketua Prodi secara langsung.  Sementara Dr. Hj. Iis Ristiani, M.Pd (Wakil Rektor kebetulan hadir seusai memberi kuliah) memberikan cinderamata bagi Hani Nuraini.  Atas kelancaran dan  keberkahan acara ini, kegiatan acara ditutup  pembacaan do’a oleh Prof. Dr. H. Didi Suherdi, M.Ed (kebetulan memberi  kuliah saat itu).

Perpindahan tempat kerja kedua staf ini dilakukan sesuai edaran Rektorat dalam upaya melakukan pembenahan di lingkungan universitas, termasuk di bidang pegawai. Hal ini ditempuh demi meningkatkan efektivitas dan peningkatan kinerja pegawai, sehingga lebih fokus dan konsentrasi.

Saat ditemui admin, Hani Nuraeni mengungkapkan bahwa meskipun jauh di mata, namun tetap di hati. Kebersamaan yang telah dijalin, dapat terus dipupuk, apalagi ia bertugas di perpustakaan yang banyak dikunjungi mahasiswa, termasuk S2. Hal ini dapat melanggengkan komunikasi dijalin sebelumnya.  Namun dibalik ungkapannya, staf yang anggun ini tak bisa menutupi ekspresi harunya, sebagai sesuatu hal yang   manusiawi.

Rasa haru pun menyelimuti Endang Jamaludin.  Ungkapan perpisahan yang dilontarkan sarat emosional dengan sesekali tertunduk dan tertahan.  Staf penuh humoris mengawali karier di tata usaha di SMKK PGRI Cianjur (kini SMK Parawisata Cianjur) tahun 1991, kemudian diangkat sebagai Kepala TU tahun 1997 di tempat sama.

Karier  di perguruan tinggi dirintis tahun 2001 hingga sekarang sebagai staf akademik di FKIP UNSUR.  Tahun 2003 sampai dengan 2009 dipercaya sebagai pengelola administrasi program Akta IV di tempat yang sama, dan sejak PBSI S2 berdiri (2005) sampai 31 Maret 2013 bekerja di dua “kaki”,  di prodi PBSI S2, dan tempat lainnya  FKIP.  Terhitung 1 April 2013, ia akan fokus di Program S1/FKIP.

Kegiatan berakhir dengan acara botram bersama. Seluruh mahasiswa semester 1, 2, 3, dan sebagian 4 serta alumi, menikmati nasi dus disediakan prodi.  (**)

diposkan oleh : dadan w.dhien | Minggu, 14 April 2013

This entry was posted in Budaya dan Bahasa. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>